Jangan Malas Ganti Oli.!


Malas ganti oli mesin motor  seher kena nangsi lo. Ini juga nasehat untuk diri sendiri. 
Pengalaman dulu pernah pertama kali punya motor second dengan standar mesin masih bagus, Supra X 2002. Nah, gara-gara masalah sering telat ganti oli, jebol dah seher Supra ku. Kawan bikers pasti udah tahu tanda kalau seher udah kena, mesin ngobos alias asap putih ngebul. Hari gini motor ngebul? 4 tak lagi, lumayan jadi malu lah.

Sebenarnya biasa sih jika motor yang notabene umur lebih dari 5 tahun sering masalah, selama masih aman ya ga terlalu pusing, paling cuma busi kotor, karbu kotor, kelistrikan eror, kayak gitu-gitu.
Tapi ketika bagian mesin Secer kena, asap putih ngebul, motor ngalamin kayak gini wajib turun mesin. 

Berapa biaya ganti secher? 
tergantung jenis motornya, kata pak bengkel paling murah punya Honda, merek lain hampir 2 kali lipat harganya. Ini salah satu sebab jika beli motor juga mikir harga sperpat.
Supra 2002 ku ini kurang lebih habis 250 ribuan, lumayan mahal ni untuk bebek tahun 2002. Coba bayangin untuk motor di atas tahun 2010, bisa lebih dari 400 ribu tu tuk ganti secher.

Penyebabnya sederhana, telat ganti oli. Biasanya pemula pemilik motor, Setelah jangka waktu 1-2 bulan rutin servis + ganti oli, kalau udah biasa ngukur kapan oli harus ganti, kadang justru malas-malasan untuk ganti oli, pengalaman sendiri ni (penyakit jangan ditiru).

Kapan harus ganti oli ? bterhitung sejak ganti oli terakhir  sudah jalan 2000 km lebih antara 2000-3000 Km saat untuk ganti oli.
Bagaimana kalau spedometer mati? Caranya, di saat pagi sebelum dinyalakan, buka tutup oli mesin, di  situ sudah ada batang  yang bisa digunakan mengecek oli, jika warna oli sudah hitam, sedikit, dan kental, berarti sudahh wajib ganti oli.

Sekali lagi, jangan malas ganti oli, bisa nangis tar kalau seher kena. dan pilihlah jenis oli yang sesuai dengan jenis motor.